CARA INSTAL XAMPP DI WINDOWS

APA ITU XAMP?

Pada artikel kali ini, akan di bahas langkah-langkah penginstallan web server, pada penginstal ini system operasai yang di gunakan adalah windows 7 dan aplikasi web server yang di gunakan adalah XAMPP

XAMPP adalah sebuah aplikasi web server Instan dan Lengkap dikarenakan segala yang anda butuhkan untuk membuat sebuah situs web dengan Content Management System (Joomla) bisa dicoba di dalam aplikasi ini. XAMPP adalah sebuah paket installer AMP (Apache, MySQL, dan Php) yang sangat mudah untuk diaplikasikan dalam komputer anda yang belum memiliki server untuk dapat melihat situs yang anda buat menggunakan bahasa server dan database server tersebut. Anda dapat mendownload seri terbaru dari aplikasi XAMPP ini pada alamat http://www.apachefriends.org/
Baiklah, kita langsung saja menuju ke pokok penjelasan, yaitu langkah-langkah penginstallan web server menggunakan aplikasi XAMPP di windows 7. Untuk versi windows xp langkah-langkahnya hampir sama saja. Jika aplikasi XAMPP telah di download maka :

1.    Jalankan Aplikasi XAMPP.exe

2.    Pada pilihan bahasa yang akan di gunakan, pilih English dan klik OK

3.    Untuk pengguna Windows 7, anda akan menemukan pesan berikut karena secara default pada windows 7 terdapat service UAC. Well, kita tekan OK.

4.    Nah, Setup Wizard siap untuk dimulai. Tekan Next.

5.    Anda bisa menentukan folder dimana lokasi XAMPP akan diinstall. Secara pribadi, saya menyarankan tidak di drive C:/. Kenapa ? Karena pada windows, saya biasanya menggunakan software backup dan efek restore backup akan menghapus seluruh isi file di drive C:/. Tapi untuk tutorial ini, kita biarkan saja ia berada di drive C:/. Selanjutnya, tekan Next.

6.    Menu instalasi akan menampilkan overview serta pilihan aktivasi service pada XAMPP anda. Biasanya saya hanya mengaktifkan service Apache serta Mysqld. Anda bisa men-centang kotak sebelah kiri service tersebut, lalu tekan Install.



 7.    Tunggu sebentar, proses instalasi sedang berjalan.


8. Jika proses selesai klik finish


9. XAMPP akan menscanning port yang akan di gunakannya


10. tampilan akhir dari penginstalan XAMPP adala seperti gambar di atas, jika tampilannya seperti di atas maka proses instalasi telah selesai dan program XAMPP akan running secara otomatis.

Penulis : Hadi ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel CARA INSTAL XAMPP DI WINDOWS ini dipublish oleh Hadi pada hari Selasa, 23 Oktober 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan CARA INSTAL XAMPP DI WINDOWS
 

0 komentar:

Posting Komentar